Wealth Protection

Hari esok tidak ada yang dapat mengetahuinya secara pasti. Sakit, terluka, atau pun meninggal, tidak ada yang suka untuk memikirkannya atau mengalaminya pun rasanya tidak ingin.

Namun, semua hal itu bisa saja terjadi.

Pertanyaan penting yang harus disadari adalah:

Apabila hal itu terjadi, apakah kita sudah mempertimbangkan akan perlindungan yang bisa mengantisipasi kejadian hal itu?

Apakah kita dapat bertahan secara finansial apabila bencana tersebut terjadi dalam waktu yang cukup lama atau bahkan permanen?

Bagaimana jika sang tulang punggung keluarga sudah tidak dapat lagi melakukan kegiatan produktivitasnya karena keterbatasan fisik?

Jika itu terjadi pada Anda, sudahkah Anda memikirkan dan mempertimbangkan segala langkah preventif dan antisipasi yang bisa Anda lakukan?

 

Melakukan proteksi terhadap kekayaan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah perencanaan keuangan.

Setiap rencana keuangan yang hebat memperhitungkan ancaman dan risiko yang Anda hadapi serta menggunakan alat dan strategi untuk mengurangi dan mengelola risiko tersebut.

Bagi sebagian besar dari kita, tidak ada risiko yang lebih besar daripada runtuhnya rencana keuangan karena kematian dini, penyakit, atau cedera.

Perencanaan asuransi yang efisien adalah cara yang paling ekonomis dan efektif untuk menangani risiko ini di setiap tahap kehidupan.

 

Saat Anda mulai memperoleh penghasilan, Anda perlu melindungi kemampuan Anda untuk memperoleh penghasilan itu.

Saat Anda menjalani hidup dan mungkin menikah atau memiliki anak, ada tanggung jawab baru yang membutuhkan strategi perlindungan yang aman.

Ada juga risiko keuangan khusus yang perlu diperhatikan saat Anda mengambil tanggung jawab keuangan baru, seperti memulai bisnis atau mengambil Kredit Pemilikan Rumah.

Di kemudian hari Anda mungkin ingin menyesuaikan rencana asuransi Anda dengan memperhitungkan cucu atau keluarga besar, sehingga Anda dapat mendanai dan mengalokasikan manfaat dari asuransi dengan baik.

Metode Menangani Risiko

Risk Control Method

Pengendalian Risiko : sebelum – saat – sesudah terjadinya kerugian

a. Risk Avoidance : menghindari risiko
– No Swimming Pool – No Travelling

b. Segregation –Diversification : pemisahan / membagi risiko
– Jalan2 bersama rombongan dalam 2 kendaraan

c. Loss Prevention : mencegah terjadinya kerugian
– No Smoking – Fire Alarm – Being Healthy – Safety Helmet

d. Loss Reduction : mengurangi dampak kerugian
– Fire Extinghuisher

Risk Financing Method

a. Risk Retention : menanggung risiko sendiri (seluruh / sebagian)
– Self Insurance

b. Credit Arrangement : skema pengaturan kredit
– Shifting business risk to lender

c. Non Insurance Transfer : pengalihan konsekuensi risiko kepada pihak lain tanpa melalui mekanisme asuransi
– Hedging

d. Insurance: pengalihan konsekuensi risiko ke perusahaan asuransi
– Transfer of Pure Risk

Proteksi Aset, Proteksi Kekayaan (Wealth Protection)

Melakukan perlindungan terhadap aset adalah salah satu konsep dan strategi yang bisa dilakukan untuk menjaga kekayaan seseorang.

Perlindungan aset adalah komponen perencanaan keuangan yang dimaksudkan untuk melindungi aset seseorang dari klaim kreditor.

Individu dan badan usaha menggunakan teknik perlindungan aset untuk membatasi akses kreditor ke aset berharga tertentu selama beroperasi dalam batas hukum debitur-kreditur.

Strategi Dalam Memproteksi Kekayaan

Untuk memproteksi kekayaan, strategi yang harus dilakukan adalah salah satunya mengamankannya melalui asuransi. Beberapa jenis asuransi yang diperlukan untuk memproteksi kekayaan, antara lain:

#1 Asuransi Jiwa

Dilansir dari laman resmi agen asuransi Prudential, asuransi jiwa adalah salah satu layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan terhadap dampak kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga karena adanya kematian anggota keluarga (tertanggung) yang sebelumnya merupakan tulang punggung bagi keluarga tersebut.

#2 Asuransi Cacat Tetap

Pernahkah Anda berpikir ketika Anda fisik Anda tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya seperti cacat permanen kemudian Anda dapat menderita dampak keuangan yang menghancurkan, ketika fokus Anda harus diarahkan pada rehabilitasi Anda?

Asuransi cacat tetap biasanya merupakan manfaat tambahan yang ditambahkan ke asuransi jiwa Anda yang membayar jumlah sekaligus jika Anda menjadi cacat permanen (sebagaimana didefinisikan dalam polis).

Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan utang, membayar perawatan dan mempertahankan biaya hidup Anda, membuat Anda fokus pada kesejahteraan Anda sendiri.

#3 Asuransi Kesehatan

Produk asuransi ini termasuk penting karena para pemegang polis akan mendapatkan jaminan biaya kesehatan dan perawatan saat terjadi kecelakaan atau sedang sakit.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, pemegang polis akan terjamin kebutuhan akan pembiayaan kesehatan, termasuk keluarga.

Keadaan emergency seperti kecelakaan atau sakit memang tidak dapat diprediksi, itulah sebabnya layanan jasa asuransi kesehatan dapat meminimalkan risiko akan biaya rawat inap, termasuk biaya untuk operasi yang diperlukan.

#4 Asuransi Jaminan Hari Tua

Saat menjalani masa pensiun juga menjadi sebuah dilemma tersendiri, apalagi soal pendapatan yang bisa saja tidak sebesar saat masih masa produktif.

Dengan adanya asuransi jaminan hari tua, pemegang polis yang telah memasuki usia senja alias masa pensiun akan mendapatkan manfaat, salah satunya seperti mewujudkan impian di hari tua serta keperluan masa mendatang dan juga soal tertanggung yang meninggal dunia.

#5 Asuransi Pendidikan

Para orangtua tentu akan menghadapi masalah tentang pemenuhan kebutuhan pendidikan anak, disamping untuk menghidupi keperluan keluarga dan urusan dapur.

Untuk mengamankan dana tabungan anak, asuransi ini akan memproteksi dana pendidikan anak selama menjalani masa sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, dimana asuransi pendidikan terdiri dari 2 jenis, yaitu proteksi dan juga investasi.

#6 Asuransi Properti

Meski tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun asuransi ini juga penting dalam mengamankan atau memproteksi kekayaan.

Asuransi ini akan memberikan jaminan manfaat kepada pemegang polis untuk kepemilikan rumah atau bisnis mereka yang menjadi sub-jenis asuransi properti.

Asuransi properti ini bekerja dalam lingkup seperti proteksi terhadap rumah, kantor, atau gedung yang akan mendapatkan manfaat perlindungan dari berbagai kerugian.

Para nasabah akan mendapat jaminan berupa perlindungan jika properti yang diasuransikan mengalami musibah seperti kerusakan atau kehilangan benda berharga tersebut.

Penggantian kerugian akan di-cover oleh pihak asuransi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi yang telah disetujui.

#7 Asuransi Kendaraan Bermotor

Manfaat asuransi ini sesuai dengan namanya akan memberikan proteksi terhadap kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor dari pemegang polis.

Beberapa kerugian atau kerusakan yang akan ditanggung oleh pihak penyedia jasa asuransi adalah seperti kecelakaan lalu lintas, seperti benturan, tabrakan, sampai terperosok, perbuatan jahat dari orang lain seperti pencurian dan juga kebakaran.

Cara Kerja Proteksi Aset

Menjaga atau memproteksi aset artinya:

  • Mengacu pada strategi yang digunakan untuk menjaga kekayaan seseorang dari perpajakan, penyitaan, atau kerugian lainnya.
  • Membantu melindungi aset secara legal tanpa terlibat dalam praktik ilegal penyembunyian (menyembunyikan aset), penghinaan, penghindaran pajak, atau penipuan kebangkrutan.
  • Properti yang dimiliki bersama di bawah perlindungan penyewa secara keseluruhan dapat berfungsi sebagai bentuk perlindungan aset.

Para ahli menyarankan bahwa perlindungan aset yang efektif dimulai sebelum klaim atau kewajiban terjadi, karena biasanya sudah terlambat untuk memulai perlindungan yang berharga setelah kejadian berlangsung.

Manfaat Asuransi Untuk Proteksi Kekayaan

Asuransi adalah istilah yang merujuk pada tindakan, sistem, atau pun bisnis yang bertanggung jawab atas penggantian kerugian untuk jiwa, properti, dan kesehatan dari kejadian tidak terduga, seperti kerusakan, kehilangan, atau kematian.

Tak jarang orang berasumsi bahwa produk asuransi diperuntukkan bagi masyarakat kelas atas yang memiliki dana lebih untuk melindungi aset mereka dan mendapatkan perlindungan lebih.

Jika melihat dari manfaat asuransi, sebetulnya semua lapisan masyarakat sangat membutuhkan asuransi untuk memproteksi kekayaan mereka.

Berikut ini berbagai manfaat dan kelebihan yang didapatkan dengan memiliki asuransi:

#1 Memberikan Ketenangan

Anda tidak pernah mengetahui kemungkinan yang akan terjadi esok hari. Setiap hari yang harus dilalui dengan kemungkinan kejadian yang bisa saja menuntut pengeluaran tak terduga.

Jika Anda termasuk orang yang siap terhadap sesuatu yang akan terjadi, risiko kerugian yang diakibatkan oleh kejadian yang tidak terduga tersebut bisa diminimalkan dengan mudah.

Bagaimana dengan Anda yang menyadari kalau ternyata Anda bukan tipe orang yang seperti itu? Dengan adanya penyedia layanan jasa asuransi ini bisa memberikan jawaban dan meringankan beban ketika terjadi sesuatu yang terduga.

Asuransi aset memiliki manfaat untuk memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi kamu pemegang asuransi.

Penggantian yang akan diberikan dari pihak penyedia layanan jasa asuransi ini setidaknya akan menutupi sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran Anda atas suatu kejadian.

Asuransi dikenal sebagai alternatif pengendalian kerugian atau loss control dengan melakukan survei lapangan serta memberikan rekomendasi kepada pemegang polis untuk melakukan tindakan preventif dan penanggulangan kerugian.

#2 Meminimalkan Kerugian

Tergantung dari jenis asuransinya masing-masing, fungsi dari kepemilikan asuransi secara umum adalah membantu para pemegang polis untuk meminimalkan kerugian dari kejadian tidak terduga, yang mungkin terjadi seperti biaya kerugian bencana kebakaran, kecelakaan, serta biaya rumah sakit.

#3 Membantu Mengatur Keuangan

Salah satu hal yang paling penting dari memiliki asuransi aset, yaitu kewajiban untuk membayar premi secara rutin. Ini tentu tidak memaksa Anda untuk menyediakan dana cadangan yang digunakan ketika terjadi kejadian tak terduga.

Meskipun begitu, ketika kejadian tak terduga itu benar-benar terjadi dan mengharuskan kamu mengeluarkan kocek yang cukup banyak untuk menanggulangi hal tersebut.

Dengan adanya asuransi aset, akan membantu untuk mengurangi pengeluaran tidak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan.

Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami karena pihak penyedia layanan jasa asuransi ini akan menyediakan ganti rugi.

Bagi teman-teman yang ingin mencari solusi yang tepat untuk proteksi keuangan anda, bisa berkunjung ke website dibawah ini:

SOLUSI PROTEKSI

Solusi Proteksi merupakan bagian dari grup asuransi dunia yang merupakan salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia

TRAVEL INSURANCE

Pastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan wisata anda dengan perlindungan dari travel insurance